Sabtu, 06 Februari 2010

Muadzin

Kita selalu mendengarnya lima kali dalam sehari. Sebagian mengerti terhadap suara ini, sebagian lagi acuh tak acuh. Dimulai pada terbit fajar, mengajak setiap orang untuk bangun dari tidur yang lelap. Banyak dari mereka yang jawab panggilannya, banyak juga orang yang lebih baik memilih tidur kembali, entah dia mendengarnya atau tidak.
Dia adalah muadzin yang memanggil orang Islam 5 kali setiap hari, Shubuh, dzuhur, ashar, maghrib, Isya. Tugas dia mengingatkan orang Islam untuk beribadah kepada Allah SWT. Dia memulai dengan mengumandangkan adzan dilanjutkan dengan iqomah untuk mengajak sholat berjamaah.
Ada lima kali adzan dan lima kali iqomah setiap hari, ditambah satu kali adzan waktu shubuh, yang menyerukan sholat lebih baik daripada tidur, jumlah ini cukup bagi orang islam untuk bersegera memenuhi panggilan Allah.

Kalimat-kalimat dalam adzan bukan sekedar kata-kata biasa tanpa makna dan tanpa arti, tapi seruan dari Allah SWT kepada setiap muslim untuk memenuhi panggilan-Nya. Bagi setiap muslim sunni di seluruh penjuru dunia, walaupun berbeda madzhab tetap sama, Allahu akbar (allah maha besar), Ashadu an laa ilaaha ilaa allah (aku bersaksi tiada Tuha selain Allah), Ashadu Anna Muhammad arrosuulu allah(aku bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW utusan Allah), Hayya ala assholah(mari kita sholat), Hayya ala alfalah(mari mencapai kemenangan), Allahu akbar(allah maha besar), laa ilaaha illa allah( tiada tuhan selain allah), inilah yang membedakan dari umat lainnya tatkala memanggil kaumnya , seperti lonceng gereja bagi umat Nasrani, Terompet bagi umat Majusi.

- Berikan komentar anda -

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

Link :

islamic world

Dunia Islam Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts